Selasa, 23 September 2014

Inovasi Bioteknologi Pertanian, Peternakan, dan Perikanan

Formula Super Bioteknologi Pertanian dan Peternakan

     Perkembangan dunia pertanian dan peternakan dewasa ini cukup menggembirakan. Pasalnya, banyak ditemukannya teknik-teknik pertanian maupun peternakan oleh para pakar di dua bidang ini. selain teknik- teknik-teknik pertanian maupun peternakan, inovasi-inovasi penunjang pun terus dilakukan. Misalnya dalam bidang pertanian, ditemukannya berbagai jenis pestisida, herbisida, atau fungisida yang dapat memberantas berbagai jenis hama tanaman serta ditemukannya formula-formula untuk penyubur dan pemacu pertumbuhan tanaman. Dalam bidang peternakan dan perikanan ditemukannya formula untuk memacu pertumbuhan dan penggemukan hewan-hewan ternak. Tentunya dengan innovasi-inovasi baru tersebut jika diterapkan dengan baik tentu akan dapat meningkatkan  hasil produksi dan peningkatan ekonomi petani maupun peternak.


     Salah satu inovasi tersebut adalah beberapa produk yang diproduksi oleh CV Nelayan Indonesia Jaya (NIJ). CV NIJ telah memproduksi tiga jenis formula super bioteknologi yang diaplikasikan untuk pertanian, peternakan, dan perikanan.  Dikatakan sebagai formula super bioteknologi karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produknya terbuat dari sari atau ekstrak tumbuh-tumbuhan berkhasiat dan hewan yang mampu memberikan hasil yang luar biasa pada tanaman pertanian maupun peternakan. Dengan demikian produk ini sangat aman dan sangat ramah lingkungan atau tidak berefek samping bagi tanaman, hewan, tanah, maupun manusia.
     Ketiga produk CV NIJ terbukti paling tinggi kandungan zat-zat yang diperlukan oleh tumbuhan maupun hewan. Hal ini karena telah melalui proses uji laboratorium oleh PT Sucofindo dengan sertifikat no. 05499/FOBOAH. Pada Penas yang dilaksanakan di Kabupaten Malang pada bulan April 2014, ketiga produk ini dinobatkan sebagai formula paling bagus, paling inovatif dan telah mendapatkan rekomendasi dari dua menteri, yakni menteri pertanian dan kelautan. Selain itu, harga ketiga produk ini tidak semahal produk-produk sejenis yang telah ada. Bisa dikatakan bahwa produk ini terlalu murah harganya jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh dari penggunaan produk. 
     Misi dari CV NIJ tidaklah murni bisnis, tetapi bersifat pemberdayaan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan murahnya harga produk walapun memiliki kualitas super. Tujuannya adalah agar masyarakat mampu meningkatkan hasil produksi tanaman pertanian maupun peternakannya dengan mengeluarkan biaya seminimal mungkin. Dengan begitu ekonomi para petani dan peternak akan dapat meningkat dan sejahtera.

Ketiga jenis produk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. ROJO TANI
     Rojo Tani adalah pupuk organik cair berkualitas super yang diformulasikan secara khusus dari sari tumbuhan, hewan serta tanaman herbal pilihan yang diproses dengan bioteknologi modern  hingga menghasilkan senyawa bioaktif (compound) yang mengandung 17 mineral asam essensial (hara makro dan mikro lengkap),  asam amino, mikro flora, vitamin A,D,E,K serta dikombinasikan dengan hormon pertumbuhan (ZPT) lengkap meliputi  auxin (IAA), giberelin (GA3, GA5, GA7) dan sitokinin (Kinetin, Zeatin), serta bebas  dari bakteri berbahaya sehingga sangat aman untuk digunakan serta mampu memberikan hasil maksimal dengan biaya minimal dalam bidang pertanian.
Gambar 1. Rojo Tani

KANDUNGAN ROJO TANI
C Organik : 6.22 %, N : 4.88 %, P2O5 Total : 3.28 %, K2O : 3.05 %, pH : 4.80, Fe Total  : 118.8 ppm, Fe : 10.3, Mn : 255.5, Cu : 250.4, Zn : 449.0 ppm, B : 132.4 ppm, Co : 5.7 ppm, Mo : 4.45 ppm, As : 0,23 ppm, Hg : 0.04 ppm, Pb : < 0.1 ppm,  Cd : 0.1 ppm, ZPT : Auksin (IAA : 101 ppm) , Sitokinin (Kinetin : 98 ppm, Zeatin : 95 ppm),  dan Giberelin (GA3 : 99 ppm,  GA5 : 97 ppm, GA7 : 94 ppm), Vitamin A, D, E, K dan Asam Amino Essensial, serta Mikro Flora. 

Bebas Escherichia coli dan Salmonella sp.

MANFAAT DAN KEGUNAAN
  1. pupuk lengkap dan pembenah tanah
  2. mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia 50% (secara bertahap)
  3. meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama penyakit, mengandung pestisida organik
  4. mencegah kerontokan daun, bungan, dan buah
  5. merangsang dan meningkatkan pertumbuhan akar, batang, tunas, daun
  6. meningkattkan anakan produktif, memicu pertumbuhan malai (bunga padi) dan meningkatkan pengisian bulir padi
  7. mempercepat terbentuknya bunga, buah, dan memperbesar umbi
  8. efektif, cepat diserap tanaman, dan memperpanjang usia produktif.

2. SGF FERTILIZER

Super Gold Fertilizer (SGF) adalah pupuk organik cair yang diramu dari berbagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat bagi tanaman. SGF diformulasikan khusus untuk tanah pertanian sehingga sangat membantu pertumbuhan tanaman dari bagian bawah. Tanah yang diaplikasikan dengan SGF akan menjadi lebih subur, gembur, dan lebih sehat karena SGF berfungsi sebagai pembenah tanah, meningkatkan Ph tanah, dan menguraikan sisa bahan oraganik dan anorganik yang tidak dapat diuraikan sebelumnya.

Gbr. SFG Fertilizer

KANDUNGAN SUPER GOLD FERTILIZER (SGF)
C Organik : 6,22 %, N : 4,88 %, P2O5 Total : 3,28 %, K2O : 3,05 %, pH : 4,80, Fe Total : 118,8 ppm, Fe : 10,3 , Mn : 255,5 , Cu : 250,4, Zn : 449,0 ppm, B : 132,4 ppm, Co : 5,7 ppm, Mo : 4,45 ppm, As : 0,23 ppm, Hg : 0,04 ppm, Pb : 0,1 ppm,  Cd : 0,01 ppm, Vitamin A, D, E dan K, Asam Amino Essensial
ZPT : Auksin (IAA) , Sitokinin (Kinetin, Zeatin)  dan Giberelin (GA3, GA5, GA7), Mikro Flora dan 


Mengandung bakteri positif yang sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah. Kandungan bakteri yang terdapat pada SGF adalah lacto bacillus, bacillus sp, nitrobachter, sacaromyces, dan bacillus megaterium.

Bebas Escherichia coli dan Salmonella sp

MANFAAT DAN KEGUNAAN SGF
  1. Sebagai penyubur tanah
  2. meningkatkan Ph tanah
  3. menguraikan sisa bahan organik maupun anorganik dalam tanah
  4. menggemburkan tanah
  5. menekan pertumbuhan bakteri patogen (merugikan) dalam tanah
  6. meningkatkan pembobotan dan memaksimalkan hasil panen 
  7. mengurangi pengunaan pupuk kimia seara bertahap


Berikut adalah gambar-gambar hasil testimoni penggunaan Rojo Tani dan SGF Fertilizer.

Gambar 2. Cabe rawit
Cabe rawit ini tanpa pengolahan tanah secara khusus tetapi mampu berbuah lebat dan usia produktif mencapai 2 tahun lebih (lokasi tanaman di Dinas Perikanan Kepanjen-Malang).
Gambar 3. Cabe keriting
Tanaman cabe keriting yang berada di Dinas Perikanan Kepanjen Kabupaten malang  ini meskipun hanya ditanam di media ember kecil, tapi mampu berbuah lebat dan usia mencapai 2 tahun lebih.

Gambar 4 dan 5. Padi
Padi jenis serang yang ditanam di wilayah Blitar ini memiliki sifat bulir padinya di atas daun. Tetapi Rojo Tani mampu mengubah gen padi tersebut sehingga bulir-bulir padi merunduk di bawah daun dan aman dari hama burung. Produksi meningkat dari 6 ton /ha menjadi 8 ton /ha. 

Gambar 6 Tomat

Gambar 7. Semangka termanis di Indonesia
Tomat dan semangka seharusnya tidak boleh ditanam pada lahan yang sama karena hama tomat sangat mudah menyerang tanaman semangka. Pada gambar tersebut tomat dan semangka ditanam pada lahan yang sama ternyata baik tanaman tomat dan semangka sama baiknya bahkan buah semangka P. Mujiono ini pada Penas 2014 di Kab. Malang dinobatkan sebagai semangka termanis di Indonesia berkat produk Rojo tani

Cabe Merah Besar
     Cabe merah yang berada di desa Banjartengah Kecamatan dau Kabupaten Malang ini merupakan milik Pak Darmo. dengan mengaplikasikan Rojo Tani dan Fertilizer, Cabe ini tahan terhadap penyakit pada saat September 2014 di daerah Dau. Sementara  cabe Pak Darmo bebas dari serangan penyakit yang sedang memuncak di musim tersebut (mungkin daerah lain juga mengalami). selain terbebas dari berbagai macam penyakit buahnya sangat lebat.Saat itu harrga cabe merah tembus empat puluh ribu rupiah dan cabe rawit sembilan puluh ribu rupiah.




Melon buah tujuh

     Pada umumnya, untuk mendapatkan buah yang sehat dan besar per pohon hanya dibuahkan maksimal 4. Sementara melon yang ada di Kepanjen ini walaupun hanya menggunajan media polibag ternyata mampu dibuahkan 7 dengan komposisi sama besarnya.



Gambar 8 dan 9. Pepaya
Pepaya jenis california ini tumbuh subur di pematang kolam ikan Dinas Perikanan Kepanjen-Malang bahkan mampu berbuah di waktu yang sangat dini serta berbuah sangat lebat.




Cabe Merah P. Darmo Ds. Banjartengah, Kec. Dau, Kab. Malang

Melon Golden Apollo


Gbr. Melon Golden Apollo terbesar pertama di Indonesia


Video Testimoni aplikasi pada melon Golden Apollo


Berikut adalah deskripsi hasil aplikasi ROJO TANI dan SGF pada tanaman melon Golden Apollo.
Data Tanaman
  1. Lokasi: Desa Kawedhusan  Kecamatan Ponggok, Blitar
  2. Nama Petani : Heru  no telepon: 085645464262
  3. Nama tanaman: Melon Golden Apollo
  4.  Jumlah Pohon : 460
  5.  Biaya produksi: 2.250.000
  6.  Pukim:  jenis NPK 5 kg
  7.  Hasil : 1, 8 Ton
  8.  Jumlah buah per pohon : 2-3 buah
  9.  Isi 3 per pohon berat rata-rata 1,5 kg /buah, isi 2 rata-rata 2 kg/buah
  10.   Meskipun sudah dipanen, daun pertama masih tetap hijau, pertumbuhan batang belum berhenti, dan masih bisa berbunga serta berbuah.
Cengkeh
     Sampel cengkeh ini kami ambil di daerah Nyawangan, Kabupaten Blitar. Perkembangan cengkeh di daerah ini cukup meprihatinkan karena terkena penyakit busuk akar dan batang. Akibatnya banyak tanaman cengkeh yang layu dan mati. Namun setelah diaplikasikan dengan Rojo Tani dengan cara diinfus, dua bulan kemudian banyak tumbuh tunas-tunas baru dan tampak sehat. berikut gambarnya. 

Sebelum aplikasi Rojo Tani

 
Sebelum aplikasi


Proses infus

Proses infus
Hasil 2 bulan kemudian




Selain gambar-gambar dan video-video tersebut masih banyak lagi hasil-hasil testimoni penggunaan Rojo Tani.

MANFAAT DAN KEGUNAAN:
1. Pupuk lengkap dan pembenah tanah
2. Mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia 50 % (secara bertahap)
3. Meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan penyakit
4. Merangsang dan meningkatkan pertumbuhan tunas, akar, batang dan daun
5. Mempercepat terbentuknya bunga dan buah
6. Mencegah kerontokan daun, bunga dan buah
7. Efektif, cepat diserap tanaman dan memperpanjang masa produktif
8. Melipatkan hasil dengan biaya minimal dan hasil maksimal



3. Super Gold Bionutren(SGB)

Gambar 10. Super Gold Bionutren




      SGB adalah Nutrisi Organik Super yang merupakan inovasi terbaru dalam dunia perikanan dan peternakan, diformulasikan secara khusus dari sari tumbuhan, hewan dan tanaman herbal pilihan dengan mengkombinasi antara unsur Essensial (Makro/Mikro), asam amino essensial, vitamin. Mampu memacu pertumbuhan sekaligus bobot ternak dan ikan

    MANFAAT DAN KEGUNAAN SGB :
I. MELALUI PAKAN
1. Memacu pertumbuhan ternak dan ikan
2. Meningkatkan nafsu makan
3. Meningkatkan kekebalan (immuno) dari serangan penyakit
4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan pakan
5. Meningkatkan bobot atau kuantitas (ADG)
6. menetralisir sisa pakan dan kotoran ikan, udang, dan ternak

II. MELALUI MEDIA
1. Memacu pertumbuhan plankton
2. Memperbaiki kualitas air kolam dan tambak
3. Menetralisir amonnia, H2S, Nitrit, gas toksin lainnya
4. Menyuburkan tanah dasar tambak dan kolam
5. Mendekomposer sisa pakan dan kotoran ikan
6. Menghambat pertumbuhan pathogen

KANDUNGAN SUPER GOLD BIONUTREN (SGB)
C Organik : 4,08 %, N 0,18 %, P2O5 Total : 0,03 %, K2O : 0,76 %, pH 3,67, Fe Total  : 901,0 ppm, Fe : 272,5, Mn : 65,5, Cu : 1,4, Zn 53,4 ppm, B : 15,6 ppm, Co : 0,6 ppm, Mo : 49,6 ppm, As : < 0,01 ppm, Hg : 0,11 ppm, Pb : 1,5 ppm,  Cd 0,2 ppm Vitamin A, D, E, K, dan Asam Amino Essensial ZPT : Auksin, Sitokinin dan Giberelin Mikro Flora dan Mikroba Positif. 

Mengandung bakteri positif yang sangat bermanfaat bagi semua hewan ternak, ikan, dan udang. kandungan bakteri yang terdapat pada SGB adalah lacto bacillus, bacillus sp, nitrobachter, sacaromyces, dan bacillus megaterium.
Bebas Escherichia coli dan Salmonella sp


3.
SUPER GOLD BIOLIZER (SGBio)


Gambar 11. Super Gold Fertilizer

 Super Gold Biolizer (SGBio) adalah pupuk cair organik super yang merupakan inovasi terbaru dalam dunia perikanan dan peternakan. Diformulasikan secara khusus dari sari tumbuhan, hewan dan tanaman herbal pilihan dengan mengkombinasi antara unsur Essensial (Makro/Mikro), asam amino essensial, vitamin. yang mampu memacu pertumbuhan sekaligus bobot ternak dan ikan.

    MANFAAT DAN KEGUNAAN (SGBio):
1. Menyuburkan tanah dasar tambak dan kolam serta tanah pertanian
2. Sangat cocok untuk persiapan media (air) di kolam terpal dan beton
3. Memacu pertumbuhan plankton sebagai sumber pakan alami
4. Meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh) dan kelangsungan hidup (SR) hewan ternak
5. Memacu pertumbuhan dan meningkatkan bobot hewan ternak, serta tanaman
6. Menguraikan sisa bahan organik didasar tambak dan kolam serta tanah pertanian
7. Menekan pertumbuhan bakteri patogen dalam kolam dan tanah pertanian
8. Bahan fermentasi pakan ternak dan pupuk kandang
9. Menetralisir bahan-bahan kimia dalam tanah dan mengubahnya menjadi nutrisi

KANDUNGAN SUPER GOLD BIONUTREN (SGF)
C Organik : 3,64 %, N : 0,17 %, P2O5 Total : 0,07 %, K2O : 0,62 %, pH : 3,43, Fe Total : 138,6 ppm, Fe : 143,3 , Mn : 22,8 , Cu : 0,1 Zn : 11,8 ppm, B : 1,0 ppm, Co : < 0,1 ppm, Mo : < 0,1 ppm, As : 0,05 ppm, Hg : 0,03 ppm, Pb : < 0,1 ppm,  Cd : < 0,01 ppm, Vitamin A, D, E dan K, Asam Amino Essensial
ZPT : Auksin (IAA) , Sitokinin (Kinetin, Zeatin)  dan Giberelin (GA3, GA5, GA7), Mikro Flora dan Mikroba Positif, mengandung bakteri positif yang sangat bermanfaat bagi semua hewan ternak, ikan, dan udang. kandungan bakteri yang terdapat pada SGB adalah lacto bacillus, bacillus sp, nitrobachter, sacaromyces, dan bacillus megaterium.
Bebas Escherichia coli dan Salmonella sp

Berikut adalah gambar hasil testimoni penggunaan SGB dan SGF

 Gambar 12
Gambar 13

Ternak Ayam Pedaging Super Pak Kabul (085736052111) Desa Maguan Kec.Ngajum
1)perlakuan pemberian (SGB) dengan dosis (minggu pertama 10 cc/hari/ 100 ekor) tiap minggu dinaikkan dosisnya 10 cc, 2) pakan di fermentasi dengan super gold bionutren (SGB) selama 24 jam. 3) setelah umur 20 hari,  minum & fermentasi pakan di tambah SGF, 4) tidak menggunakan antibiotik, 5)ternak bebas fluburung, sr 99 %
 Bibit ikan nila ini berumur 2 bulan 3 hari. Dengan pemberian SGB dan SGF, ikan lebih sehat, cepat besar, biaya produksi lebih murah, dan siap jual.
Gambar 14


 Cacing tanah di atas dibudidayakan dengan SGB dan SGF. Hasilnya cacing tanah cepat tumbuh besar dan panen lebih awal.

     Bawang merah merah milik Mas Eko warga Desa Gading Kulon Kecamatan Dau - Malang.



Hasil Panen Udang P. Pri Meningkat 30 %
     P. Pri adalah salah seorang petambak udang yang ada di wilayah Bojonegoro. Akhir-akhir ini hasil panen udang ditambaknya selalu meningkat jika dibandingkan dengan hasil2 panen sebelumnya. peningkatannya mencapai 30%. tidak hanya itu, penggunaan pakan pun menurut beliau lebih hemat
Lho...kok bisa? Hasil meningkat tapi konsumsi pakan malah berkurang.
Ternyata, P. Pri mengaplikasikan SG BIONUTREN dan SG FERTILIZER (Probiotik) untuk kolam dan udangnya.

     Berikut adalah perbandingan sebelum dan sesudah mengaplikasikan dua produk organik tersebut:

A. Sebelum aplikasi

1. Benur setelah tebar banyak yang mati karena air kurang berkualitas, 

2.pertumbuhan udang tidak rata (besar-kecil), 

3. biaya pakan besar.

4. hasil panen rata2 /1 kg berisi 100 - 107 ekor

B. Setelah aplikasi

1.jumlah kematian benur jauh berkurang, 

2.kualitas air meningkat tajam (cukup oksigen, Ph air meningkat, 

pertumbuhan plankton sbg pakan alami udang meningkat tajam), 

3.pertumbuhan udang lebih cepat dan rata

4.hasil panen rata2 /1 kg berisi 75 - 70 ekor

Kalau mau diskusi sama Beliau ( P. Pri) ini no tlpnya: 081335344133






     Masih manyak lagi gambar-gambar hasil testimoni penggunaan SGB dan SGF, tatapi belum sempat saya tayangkan di sini.

     Berapa harga ketiga produk karya CV NIJ ini? Anda pasti tidak menyangka bahwa harga produk yang luar biasa ini dijual dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan produk-produk sejenis. Apalagi hasil aplikasinya bisa melampaui produk-produk sejenis yang sudah ada sebelumnya sehingga dapat dikatakan bahwa harga produk kami tidak sebanding dengan hasil aplikasinya (terlalu murah). Tunggu apalagi? Jika Anda menginginkan produk pertanian atau ternak  meningkat dengan biaya minimal, maka solusinya adalah gunakan produk ROJO TANI, SGB, SGF, dan FERTILIZER yang diproduksi oleh CV Nelayan Indonesia Jaya.

     Dimana anda dapat mendapatkan produk kami?
Anda dapat menghubungi kami, M. Agus Cholid no tlp 085 649  779 389 (tlp, sms, wa) / 085 102 737 566 (sms, tlp) / PIN BB D3B7A626

Izin Deptan Nomor: 108.OL/Kptn/SR.310/B/04/2016
Nomor pendaftaran: 02.02.2016.016

SIUP        :180/0/22.SIUP.M/421.302/2013
No. TDP   : 1325 3203 583
UJI LAB SUCOFINDO
CERTIFICATE NO. 05499/FOBOAH
 
 





     

1 komentar:

  1. Masukkan juga testimoni tanaman bawang dan tanaman perkebunan

    BalasHapus