Kalimat
Fakta dan Opini dalam Iklan
Iklan menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBB) adalah 1
berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pd barang
dan jasa yg ditawarkan; 2 pemberitahuan kpd khalayak mengenai barang atau jasa
yg dijual, dipasang di dl media massa (spt surat kabar dan majalah) atau di
tempat umum. Unsur-unsur iklan adalah fokus atau inti iklan, penjelasan isi
iklan, dan pihak pengiklan.
Jika kita
mencermati kalimat-kalimat dalam sebuah iklan, kita akan menjumpai
kalimat-kalimat yang berisi fakta dan atau opini.
Fakta adalah
peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan
kebenarannya. Kalimat fakta biasanya ditandai dengan adanya hasil sebuah pengukuran
atau penghitungan, waktu terjadinya peristiwa, tidak menimbulkan multipenafsiran.
Opini adalah
pendapat seseorang terkait dengan sesuatu yang ditanggapi. Karena berupa
pendapat pribadi, tentunya pendapat tersebut bisa saja dibantah oleh orang lain
karena perbedaan pandangan atau pengetahuan yang dimilikinya. Kebenaran sebuah
pendapat bersifat nisbi atau tidak mutlak.
Perhatikan iklan berikut ini!
Dari iklan
tersebut dapat kita identifikasi kalimat fakta dan opininya sebagai berikut.
1.
Fakta
- Cuman Rp5.000,00 +PPN 10%
- Contoh: Sindo Iklan Jual Rmh………….
- Iklan Seputar Indonesia Jawa Timur
- Caranya, ketik: Sindo (spasi) Iklan (spasi) golongan (spasi) isi iklan Kirim ke 7005 (Telkom Fleksi)
2.
Opini
- Ga pake ribet, ga pake mahal..
- Pasang iklan??! Ngapain repot
- SMS saja langsung tayang
- SMS yang diterima sebelum jam 10.30 WIB akan ditayangkan esok hari berikutnya & SMS yang setelah jm 10.30 akan ditayangkan 2 hari kemudian
- SMS pada hari Sabtu dan Minggu ditayangkan Selasa
Nah, tentunya
dengan penjelasan di atas kita sudah dapat memahami kalimat fakta atau pun
opini dalam sebuah iklan, bukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar