Jumat, 22 Juli 2016

Perbanyakan Biolizer dan Fertilizer Manual

1. BIOLIZER

Biolizer adalah Nutrisi Organik Super yang merupakan inovasi terbaru dalam dunia perikanan dan peternakan. Diformulasikan khusus dari sari tumbuhan, hewan, dan tanaman herbal pilihan dengan mengkombinasikan antara unsur Essensial (Makro/Mikro), asam amino essensial, dan vitamin. Mampu memacu pertumbuhan sekaligus bobot ternak dan ikan. Seperti halnya Bionutren, Biolizer pun mengandung bakteri positif yang sangat bermanfaat bagi semua hewan ternak, ikan, dan udang. kandungan bakteri yang terdapat pada SGF adalah lacto bacillus, bacillus sp, nitrobachter, sacaromyces, dan bacillus megaterium.

Manfaat
1. Menyuburkan kolam dan tambak dengan mempercepat pertumbuhan plankton sebaga pakan alami.
2. Sebagai regulasi kualitas air seperti pH, suhu, DO, dan menetralisir amoniak serta H2S
3. Menekan pertumbuhan bakteri patogen
4. Meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh) dan Survival Rate (SR)
5. Memacu pertumbuhan dan meningkatkan bobot ikan, udang, dan ternak
6. Menetralisir bau kotoran ternak dan kolam

 Biolizer dalam usaha budi daya ikan, udang, dan binatang ternak diperlukan dalam jumlah yang cukup banyak.  Untuk mensuplai besarnya kebutuhan Biolizer, kita bisa memperbanyak sendiri secara manual agar tidak ada istilah "Mahal" untuk Pertanian Organik. berikut ini saya berikan bahan dan petunjuk memperbanyak Biolizer secara manual. volume perbanyakan 1 botol untuk 100 liter. Pembuatan Biolizer perbanyak manual cukuplah mudah. silakan ikuti petunjuk berikut.

Bahan-bahan:



Catatan:
1. Untuk nomor 5 seandainyan tidak ada dapat diganti dengan air cucian beras
2. Susu pilih salah satu saja di antara susu segar atau susu skim/bubuk yang mudah didapat di sekitar Anda

Cara Membuat:

1.       Buah belimbing/ nanas dihaluskan dijus terlebih dahulu
2.       Masukkan semua bahan dalam drum dan tambahkan air sampai penuh.
3.       Tutup rapat drum selama 2 – 4 minggu

Cara penggunaan:
1. Pada kolam, tebarkan pada kolam dengan dosis 1 gelas (250 ml) untuk ukuran 2 mtr persegi
2. Pada hewan ternak, ambil 1 gelas dan tambahkan molase atau gula merah (cairkan dulu) sebanyak 3 sendok lalu tambahkan air sebanyak liter dan berikan pada minuman ternak.



2. FERTILIZER PERTANIAN

     Fertilizer Pertanian adalah Nutrisi Organik Super yang merupakan inovasi terbaru dalam dunia perikanan dan peternakan. Diformulasikan khusus dari sari tumbuhan, hewan, dan tanaman herbal pilihan dengan mengkombinasikan antara unsur Essensial (Makro/Mikro), asam amino essensial, dan vitamin.Diramu khusus menyuburkan tanah pertanian.Fertilizer juga mengandung bakteri positif yang sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah pertanian. Kandungan bakteri yang terdapat pada SGF adalah lacto bacillus, bacillus sp, nitrobachter, sacaromyces, dan bacillus megaterium.

     Kebutuhan Fertilizer untuk mengocor/menyiram tanaman juga dibutuhkan dalam jumlah yang banyak oleh karena itu, Fertilizer pun disarankan untuk diperbanyak manual seperti halnya Biolizer. Bahan dan cara perbanyakan manual Fertilizer sama persis dengan perbanyakan manual Biolizer, hanya saja penggunaannya saja yang berbeda. petunjuk penggunaan Fertilizer sebagai berikut.
  1. Ambil 1 liter Fertiliizer hasil perbanyakan
  2. Tambahkan air 25 liter air
  3. Tambahkan campuran NPK, SP36, Phonska 1 gelas (150 ml)
  4. Aduk rata sampai campuran 3 pukim tsb larut
  5. Siap disiramkan/semprotkan/kocorkan  pada tanah

     Semakin banyak atau semakin besar jumlah Fertilizer yang kita aplikasikan ke tanah, maka tanah akan semakin subur dan dapat menetralisir serta mendekomposer unsur-unsur kimia maupun organik yang terkandung dalam tanah menjadi nutrisi dan tanpa efek samping. 

Catatan:
     Untuk aplikasi pertama formula ini (termasuk Rojo Tani), pukim jangan dikurangi terlebih dahulu. Pengurangan pukim dapat dilakukan pada aplikasi musim tanam kedua sebanyak  40 – 50 %, dan pada aplikasi musim tanam ketiga  pengurangan pukim antara 70 – 0 % (tergantung kondisi tanah dan tanaman).
    
       Untuk hasil lebih baik, berikan bilasan dengan air biasa setelah tanah/tanaman dikocor  agar nutrisi dalam Fertilizer hasil perbanyakan manual meresap ke dalam tanah.

     Untuk mendapatkan Biolizer maupun Fertilizer Anda bisa menghubungi Agus Cholid di nomor 085649779389 (tlp, sms, WA), 085102737566 (tlp, sms), pin BB D3B7A626


1 komentar: