Selasa, 14 April 2015

Lebatnya Cabe Merah P. Darmo

Cabe Merah P. Darmo
     Di saat musim kemarau kemarin (2014), kondisi tanaman sayuran banyak yang gagal panen karena kondisi cuaca yang ekstrem. Puncak kemarau kemari menjadi puncak merebaknya penyakit dan virus seperti ulat, dan drip (keriting). Di Desa Gadingkulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang rata-rata petani di sana menanam cabe merah, bawang merah dan brongkol. Mereka sudah membayangkan akan hasil penen yang nanti diraupnya. Maklum harga sayur mayur saat itu cukup mahal, apalagi cabe rawit (80 – 90 ribu), cabe merah waktu itu tembus 40 ribu. Namun, bayangan keuntungan itu ternyata tinggal impian karena tanaman mereka gagal panen karena penyakit dan virus.
     Keadaan berbeda dengan kebun cabe merah milik P. Darmo warga Desa Banjartengah yang bertetangga desa dengan Desa Gadingkulon. Sungguh luar biasa cabe merah milik P. Darmo ini karena di saat yang lain mengalami gagal panen (termasuk tanaman di sekitar kebun P. Darmo), tetapi cabe miliknya tumbuh dengan subur, berbuah lebat, dan bebas penyakit. Beliau pun meraih keuntungan yang berlipat-lipat walaupun kebun cabenya tidaklah luas, sekitar ¼ ha saja.
     Apa kunci kesuksesan tanaman cabe Pak Darmo? Ternyata dia mengaplikasikan Rojo Tani dan Fertilizer. Rojo Tani untuk disemprotkan di bagian atas (daun dan batang), sementara Fertilizer dengan perbanyakan manual dikocorkan di tanah sebagai penunjang nutrisi dan pembasmi bakteri pathogen dalam tanah.
Gb. Rojo Tani

Gb. Fertilizer


     Menurut Pak Darmo, setelah menggunakan Rojo Tani dan Fertilizer, beliau tidak pernah membawa pupuk berkuintal-kuintal lagi ke kebun cabenya jika akan memupuk. Beliau cukup membawa beberapa liter fertilizer perbanyak manual yang dicampur dengan pupuk SP36, Phonska, dan NPK. Ukuran 1 liter fertilizer perbanyakan manual ditambah campuran 3 pupuk tersebut sebanyak 1 gelas air minum kemasan dan dicampur dengan 20 liter air kemudian dikocorkan dengan takaran 1 gelas/ batangnya. Sementara untuk penyemprotan, dia melakukannya antara 15 – 20 hari sekali. Berikut adalah videonya.


Info produk silakan hub: 085649779389 (tlp, sms, wa), 085102737566 (tlp, sms), Pin BB D3B7A626

1 komentar: