Jumat, 05 Februari 2016

Busuk Buah pada Kakao Teratasi dengan Rojo Tani

Pohon kakao, merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peluang usaha dan nilai ekonomi yang tinggi. Bayangkan saja, kakao yang merupakan bahan baku cokelat yang bisa panen tiap hari. Memang, Kakao berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Dalam budidaya kakao tak perlu menunggu waktu lama untuk memanen buah cokelat dari pohonnya, proses pemanennya pun bisa dilakukan tiap hari jika sudah ada kakao yang tua atau siap panen.






Tanaman kakao, selain tanaman cengkeh, paling banyak dibudidayakan di wilayah Sulawesi, mulai dari Sulawesi Utara sampai Sulawesi Selatan. Rata-rata masyarakat di sana memiliki setidaknya 1 ha tanaman kakao. Pemasaran biji kakao sendiri tidak banyak kendala. Bahkan komoditas kakao akan lebih cerah disbanding tanaman cengkeh. Pasalnya seiring dengan rencana pengurangan kuota rokok oleh pemerintah, tentu kakao akan menjadi primadona dan mengalahkan cengkeh.
Pembudidayaan tanaman kakao bukannya tidak menghadapi kendala. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya perhatian dari pemerintah setempat mengenai potensi wirausaha agrobisnis budidaya kakao yang dikembangkan masyarakat ini. Pemerintah masih setengah hati dalam membina masyarakat agar terus menghasilkan biji kakao berkualitas terbaik. Saat ini penyemprotan dan sosialisasi penangulangan hama juga sudah sangat jarang dilakukan.

Saat ini para petani kakao kerap mengeluh karena tanaman kakaonya mendapat serangan hama yang dibawa oleh lalat buah. Serbuan lalat buah ini membuat buah kakao tidak bisa dipanen secara maksimal, karena biji dalam buah kakao kerap rusak dan banyak ditemukan belatung kecil. Berbagai cara sudah dilakukan untuk menanggulangi ancaman hama ini, namun usaha para petani kakao masih belum bisa menemukan cara yang tepat. 
Gbr. Rojo Tani

Nah, melihat kondisi demikian, Rojo Tani dan Fertilizer hadir untuk menanggulangi kendala-kendala yang dikeluhkan oleh para petani kakao. Rojo Tani dan Fertilizer adalah pupuk organik super yang diramu lebih dari 38 bahan organik dan diolah melalui proses fermentasi. Rojo Tani merupakan pupuk lengkap untuk merangsang pertumbuhan batang, daun, bunga, dan buah serta mengandung pestisida alami sehingga sangat efektif untuk mengendalikan lalat buah selain fungsi utamanya tadi. Sementara Fertilizer sebagai POC untuk memperbaiki struktur tanah. Jika dua POC ini diaplikasikan pada tanaman, maka hasilnya akan luar biasa.

Berikut adalah Manfaat dan kegunaan Rojo Tani dan Fertilizer

A.  Manfaat dan Kegunaan Rojo Tani
1.   Pupuk lengkap pembenah tanah
2.   Mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia (pukim) 50% secara bertahap
3.   Meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan penyakit karena mengandung pestisida organik
4.   Mengurangi kerontokan daun, bunga, dan buah
5.   Merangsang dan meningkatkan pertumbuhan tunas, akar, batang, dan daun
6.   Meningkatkan anakan produktif, memicu pembentukan malai dan meningkatkan pengisian bulir padi
7.   Mempercepat terbentuknya bunga, buah, dan pembesar umbi
8.   Efektif, cepat diserap tanaman, dan memperpanjang usia produktif.

Gbr. Fertilizer

B.  Manfaat dan Kegunaan Fertilizer
1.    Menyuburkan tanah
2.    Memperbaiki kerusakan pada tanah
3.    Memacu pertumbuhan tanaman
4.    Meningkatkan imunitas (kekebalan) tanaman terhadap serangan penyakit
5.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen
6.    Menguraikan sisa bahan organik dan anorganik dalam dalam tanah
7.    Menekan pertumbuhan bakteri merugikan dalam tanah.

      Begitu banyak dan luar biasanya manfaat dan kegunaan POC Rojo Tani dan Fertilizer ini sehingga banyak petani yang mengaplikasikan dua POC ini pada tanaman mereka dan merekomendasikannya pada teman-teman mereka.

     Pada bulan November 2015 yang lalu tim dari CV Nelayan Indonesia Jaya (NIJ) selaku produsen POC Rojo Tani dan SG Fertilizer bekerja sama dengan Dinas Pertanian setempat melakukan safari pelatihan seminggu penuh kepada para petani kakao dan cengkeh di wilayah Sulawesi, mulai dari Sulawesi Selatan sampai Sulawesi Utara. Kemudian menurunkan personel yang memandu atau memberikan bimbingan pengaplikasian Rojo Tani dan Fertilizer.

     Selama lebih kurang satu bulan berada di sana, hasil aplikasi pada tanaman kakao sudah menunjukkan hasil yang positif. Dari beberapa kebun yang dijadikan pilot project, semua menujukkan perkembangan yang menggembirakan. Perubahan positif tanaman kakao setelah diaplikasi dengan Rojo Tani dan Fertilizer antara lain:
Warna daun tampak semakin hijau dan segar 
Bunga-bunga baru segera bermunculan 
Buah tampak lebih segar dan mengkilat 
Penyakit busuk buah dapat sembuh dan tidak menjangkiti lagi. 
Berikut videonya.



Video 1



Video 2



Video 3

Jadi, tunggu apalagi? Bukti di lapangan sungguh tidak dapat disangkal lagi. Jika anda menginginkan sebuah perubahan yang lebih baik dan menjadi petani kakao yang sukses, maka segeralah aplikasikan tanaman kakao Anda dengan pupuk organik Rojo Tani dan POC SG Fertilizer sebagai solusi utama dunia pertanian.

Info produk silakan hubungi 085649779389 (tlp, sms, wa), 085102737566 (tlp, sms), Pin BB D3B7A626


Tidak ada komentar:

Posting Komentar