Selasa, 22 Maret 2016

Nilamku Tumbuh Subur dan Lebat

Nilam merupakan salah satu tanaman perdu yang sekarang banyak dilirik orang sebagai karena memiliki nilai ekonimis yang cukup tinggi. nilam merupakan jenis semak tropis dengan batang pohon mencapai 1meter dan  salah satu penghasilkan minyak  atsiri, dalam pasar internasional minyak nilam di kenal dengan nama patchouli sebab minyak nilam proses penyulingnya dari daun.Keunggulan tanaman ini memiliki multi manfaat dan kahsiat yang cukup bagus dibanding dengan tanaman perdu yang lainnya.

Gbr. Nilam

Banyaknya permintaan minyak nilam di Indonesia maupun di luar negeri menjadikan tanaman ini layaknya "primadona" yang banyak dicari orang, bahkan yang mengelola minyak dari bahan dasar nilam ini kebanyakan perusahaan besar yang  hasil akhirnya akan dikirim keluar negri atau menjadikan hasil nilam ini menjadi komoditi ekspor.

Salah seorang petani yang membidik pangsa pasar “primadona” ini adalah Bapak Ali yang tinggal  Di Desa Kosali, Lasusua, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Selama ini hasil yang diperoleh oleh P. Ali dan beberapa masyarakat pembudi daya nilam di sana kurang maksimal karena pertumbuhannya yang kurang bagus sehingga tidak banyak petani yang membudi dayakan tanaman ini.

Pada bulan Februari 2016 tim dari NIJ, produsen Rojo Tani dan Fertilizer, meminta Bapak Ali untuk mengaplikasikan POC Rojo Tani dan Fertilizer. Kondisi tanaman sebelum diaplikasi dengan Rojo Tani dan Fertilizer tampak kurang sehat. Hal ini Nampak pada daun nilam yang berwarna kuning kemerah-merahan dan bahkan ada yang mengering di bagian pinggirnya. Hal ini membuat hati P. Ali menjadi gundah gulana. 

Namun setelah tanaman nilamnya disemprot Rojo Tani dan dikocori dengan Fertilizer perubahannya luar biasa. Dalam waktu seminggu sudah terjadi perubahan. Perubahan tertersebut tampak pada daun-daun nilam mulai menghijau dan segar. Pada minggu kedua, pertumbuhan nilam tampak semakin cepat dan daun serta batang menghijau segar. Sebulan setelah penyemprotan, daun-daun tumbuh dengan lebat dan segar.
Dengan bukti aplikasi di atas, kiranya kehebatan Rojo Tani sebagai “provokator” bagi bagi semua jenis tanaman tidak perlu disangsikan lagi. Saya sebut “provokator” karena memang Rojo Tani berfungsi untuk memprovokasi pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Berikut adalah fungsi dan manfaat Rojo Tani.
  1. Pupuk lengkap dan pembenah tanah
  2. mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia 50 % (secara bertahap)
  3. meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan penyakit, mengandung petisida organik.
  4. mencegah kerontokan daun, bunga, dan buah
  5. merangsah dang meningkatkan pertumbuhan tunas akar, batang, dan daun
  6. meningkatkan anakan produktif, memicu pembentukan malai (bunga padi) dan meningkatkan pengisian bulir padi
  7. mempercepat terbentuknya bunga, buah, dan memperbesar umbi
  8. efektif, cepat diserap tanaman dan memperpanjang usia produktif


Sementara itu, Fertilizer juga tidak kalah perannya dalam menunjang pertumbuhan tanaman dari dalam tanah. Sebagaus apa pun bibit tanaman dan pupuk yang diberikan pada tanaman kalau tempat hidup (tanah) tanaman dalam keadaan tandus, rusak, atau pH tidak normal, maka hal tersebut akan mengganggu poses pertumbuhan tanaman dan otomatis akan berpengaruh pula pada hasil yang akan dicapai.

Berikut adalah fungsi Fertilizer terhadap tanah.
  1. Sebagai penyubur tanah,
  2. memperbaiki memperbaiki kerusakan pada tanah,
  3. memacu pertumbuhan tanaman,
  4. meningkatkan imunitas (kekebalan) tanaman terhadap serangan penyakit,
  5. meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen,
  6. menguraikan sisa bahan organik dan anorganik pada tanah
  7. menekan bakteri pathogen (merugikan) pada tanah 
POC Rojo Tani bukanlah satu-satunya produk organik. Produk-produk serupa sangat banyak macam dan jenisnya. Namun yang perlu anda ketahui bahwa Rojo Tani dan Fertilizer merupakan produk yang berkualitas tinggi dan sudah dibuktikan  kehebatannya oleh para petani di Indonesia. meskipun demikian, Rojo Tani merupakan produk yang ekonomis atau  bisa dijangkau harganya oleh semua kalangan petani. Walaupun di luar sana banyak produk yang harganya selangit, tapi kualitasnya masih kalah dengan Rojo Tani. 

Berikut adalah hasil aplikasi Rojo Tani dan Fertilizer pada tanaman nilam milik P. Ali.
Gbr. 1.  Kondisi sebelum aplikasi
 Gbr. 2.  Kondisi sebelum aplikasi

 
Gbr. 3.  Kondisi sebelum aplikasi

Gbr.4. Kondisi saat penyemprotan pertama Rojo Tani 


Gbr.5. Kondisi setelah 1 minggu

Dua  minggu setelah penyemprotan, hasilnya sebagai berikut.

Gbr. 6 

 Gbr. 7

 Gbr. 8

Hasil aplikasi setelah satu bulan, hasilnya sebagai berikut.

 Gbr. 9

Gbr. 10

   Nah, tunggu apalagi? Jika anda menginginkan tanaman tumbuh dengan baik dan hasi melimpah, maka segera beralihlah menggunakan POC Rojo Tani dan Fertilizer karena sudah terbukti keampuhannya di mana-mana.

Informasi pemasaran silakan hubungi M. Agus Cholid di nomor Indosat: 085649779389 (tlp, sms, wa), Telkomsel: 085102737566 (tlp, sms), pin BB D3B7A626.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar