Jumat, 05 Juli 2019

Rekor Panen Udang Vanami IBAP, Prigi

     Hai Pembaca yang budiman,
     Kali ini saya akan menyampaikan laporan hasil panen udang vanami dari Instalasi Budi Daya Air Payau (IBAB), Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
     Perlu diketahui sebelumnya, bahwa IBAB, Prigi ini spesialisasinya adalah pengembangbiakan dan pelestarian udang galah. Namun, sejak tahun 2018 IBAP, Prigi mulai mengembangkan sayap dengan membudidayakan udang vanami. Walaupun masih pertama kali membudidayakan udang vanami, IBAP Prigi cukup sukses dalam mencapai hasil panen. Panen perdana yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2018 ini disaksikan oleh Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur serta para kepala UPT perikanan seluruh Jawa Timur. Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur sangat terheran-heran sekaligus bangga atas keberhasilan IBAP, Prigi. Kartena di berbagai UPT yang beliau bawahi tidak satu pun mencapai hasil seperti yang dilakukan oleh IBAP, Prigi.





Panen Udang Vanami pada 14 April 2018
     Pada tanggal 25 - 26 Juni kemarin, Instalasi Budi Daya Air Payau (IBAP), Prigi telah memanen udang Vanamei dengan hasil yg luar biasa (mencapai rekor). Panen kali ini merupakan siklus ke-6 sejak dibudidayakannya udang Vanamei di IBAB ini. Dari keenam siklus tsb, tidak ada satu pun mengalami kendala yang berarti. Semua terkendali dengan baik. Dengan mengaplikasikan probiotik dari PT Nelindo, hasil panen yang di capai mengalahkan para petambak udang lain. Karena keberhasilan demi keberhasilan yg yg dicapai oleh pihak IBAP, instalasi ini menjadi tempat rujukan bagi para petambak, baik dinas maupun swasta untuk melakukan studi banding, termasuk para produsen pakan udang pun juga melakukan studi banding dan belajar ke sini.

Berikut gambar maupun video panen udang vanami siklus keenam pada 25 - 26 Juni 2019.

Berikut data panen pada tanggal 25-26 Juni 2019

A. Kolam 200 m2
  1.      Tinggi air : 1 m
  2.      Kincir       : 1 unit 1 HP
  3.      Tebar        : 48.000 ekor
  4.      DOC        : 65 Hari
  5.      Size          : 50-60
  6.      FCR          : 1,1
  7.      Panen        : 952 kg

B. Kolam 400 m2





  •    Tinggi air : 1 m

    1.      Kincir       : 2 unit  HP
    2.      Tebar        : 97.000 ekor
    3.      DOC        : 65 Hari
    4.      Size          : 50-60
    5.      FCR          : 1,1
    6.      Panen        : Rata-rata 1,9 ton





         Hmmm.....Luar biasa bukan?
         Tiada keberhasilan tanpa diimbangi dengan usaha. Nah, keberhasilan IBAP, Prigi sampai pada siklus keenam ini karena perlakuan yang intensif dan SOP yang dijalankan dengan sempurna. Salah satu SOP-nya adalah penggunaan probiotik yang berkualitas tinggi sehingga hasil panen menjadi maksimal serta tanpa ada kendala yang berarti. 
         Probiotik yang digunakan oleh IBAP, Prigi adalah produk-produk yang diproduksi oleh PT Nelindo, Malang. jenis-jenis probiotik yang digunakan antara lain:

    1. BIONUTREN
    2. BIOLIZER
    3. AMINO+
    4. HORMONIK, dan
    5. SERBUK HERBAL

         Jenis-jenis probiotik di atas bukanlah probiotik biasa, namun jenis probiotik yang berkualitas tinggi sehingga mampu mengtasi masalah berbagai penyakit udang sertta terbukti yanta dalam meningkatkan atau melipatgandakan hasil panen udang.
         
         Untuk pembelian probiotik dr para Nelindo (BIONUTREN, BIOLIZER, AMINO+, HORMONIK, dan SERBUK HERBAL, silakan klik install di no WA 085649779389.

    2 komentar:

    1. Produknya bisa didapat dmn utk wil.cirebon?

      BalasHapus
    2. Yth Bapak Sublandri, nama saya Polo Munte ASN Perikanan sekaligus pemilik tambak, tolong kirim 5 jenis probiotiknya ke Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Langkat (Sumut) Tks.

      BalasHapus