Jumat, 05 Mei 2017

Cabe Jalapeno dengan Aplikasi Rojo Tani

Jalapeno Super


     Cabai adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabe yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabe bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok". Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai. Demikian pula pengusaha-pengusaha warung lalapan, jika tidak ada cabe dipastikan mereka bakal tutup.

     Nah, kali ini saya akan memperkenalkan salah satu jenis cabe.  Namanya Cabe Jalapeno.      Jalapeno? Hmm...terasa asing ya bagi kita nama cabe itu. Memang cabe Jalapeno masih asing di telinga kita karena pembudidayaan jenis cabe ini di wilayah Indonesia masih jarang.
     Cabe Jalapeno bukan asli dari Indonesia, tetapi cabe jenis ini berasal dari Meksiko. Bentuknya seperti terong, tapi itu bukan terong. Panjang cabe ini antara 5 - 9 cm. Di Meksiko, terdapat lahan seluas 160 km persegi yang hanya digunakan untuk menanam cabe jenis ini. Daerahnya terutama di lembah sungai Papaloapan, sebelah utara Veracruz.
     Cabe Jalapeno cocok nggak ya kalau ditanam di Indonesia?
     Cabe Jalapeno meskipun berasal dari Meksiko, Amerika Selatan sana cocok juga ditanam di Indonesia lho. Beberapa gambar cabe jalapeno berikut menunjukkan bahwa cabe tersebut cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia ini. Tentutanya setelah ditanam tidak dibiarkan begitu saja, melainkan dirawat dengan baik sebagaimana menanam cabe pada umumnya seperti penyiraman, penyiangan, dan pemupukan.
     Sebagaimana paprika, cabe jalapeno ini kegunaannya sama, yaitu untuk memasak.  Cabe ini rasanya mirip paprika, tetapi lebih kaya rasanya. Maksudnya ada sensasi pedas, manis, asam, dan gurih. Cabe ini biasa digunakan sebagai campuran berbagai masakan khas nusantara seperti tumis daging sapiayam orak-arik, rica-rica, dan aneka hidangan lainnya. Rasa Jalapeno yang pedas, manis, asam, dan gurih membuat banyak hidangan semakin kaya rasa dan istimewa.
     Jalapeno selain bermanfaat untuk masakan juga bermanfaat untuk kesehatan antara lain 1) untuk mengurangi sinusitis, 2) mengurangi berat badan, 3)mengurangi rasa sakit akibat radang pada persendian, 4) membantu mencegah kanker, 5) meningkatkan kesehatan kardiovaskular, 6) memperkuat daya tahan tubuh, 7) menurunkan tekanan darah, 8) mengatasi sakit maag, dan 9) mengatasi kelebihan cairan dalam tubuh.
    Wah...cukup banyak ternyata keguanaan cabe jalapeno ini ya?
     Terkait pemupukan, tanaman cabe berikut menggunakan pupuk organik cair Rojo Tani untuk memberikan nutrisi dari atas (daun, batang, bunga, dan buah). Sementara di bagian bawah ( tanah) dikocor (disiram) dengan Fertlizer. Hasilnya….hmmm sungguh luar biasa.
Berikut adalah hasil a[likasi Rojo Tani dan Fertilizer pada tanaman cabe jalapeno.   





Video 1

vido 2




Wow...hijau dan lebat, ya! Itulah kehebatan pupuk cair organik super ROJO TANI dan FERTILIZER.
Gbr. Rojo Tani


Gbr. Fertilizer

     Nah, jika menginginkan tanaman Anda hijau, sehat, dan lebat, maka gunakan POC ROJO TANI dan FERTILIZER dengan menghubungi saya di nomor 085649779389 (tlp, sms, wa) atau 085102737566 (tlp, sms), pin BB D3B7A626. Posisi Malang, Jatim.

1 komentar: